Saturday, October 26, 2019

Resep Gulai Nangka Muda

Gulai Nangka Muda

Halo ibu-ibu yang mencari kuliner lezat, gembira berjumpa lagi, saat ini aku akan berimprovisasi membuat menu agak istimewa yang tak tergantikan, dengan bahan baku yang bisa kita beli dari kios langganan. Sajian ini terinspirasi oleh kenalan lama kita Summer kelahiran Kudus. Beliau beberapa hari yang lalu memasak untuk kawan-kawannya kemudian cukup terkesima, hingga menchat saya agar ikut mencoba. Super duper memang jempolan. Resep Gulai Nangka Muda ini membutuhkan bahan baku diantaranya 250 gr daging , 1 L santan dari 1 bh kelapa), 1/2 bh nangka muda. Ingin langsung mencoba? Oke! Oh iya bagi yang suka kikil pedas silakan klik Resep Gule Kikil Pedas disini.

Resep Gulai Nangka Muda



Bahan-bahan







1/2 bh nangka muda (saya pakai +/- 3/4 dari 1/2 buah nangka, karena terlalu banyak, diptong lalu direbus pada air mendidih. setelah empuk (tes tusuk dengan garpu), tiriskan dan buang air rebusnya)
1 L santan dari 1 bh kelapa (pakai kelapa tua)
250 gr daging potong kecil kecil, terus rebus hingga empuk. Saat mendidih akan muncul bagian coklat di permukaan rebusan, itu disaring dan dibuang aja. Rebus hingga empuk (katanya lebih enak pakai tetelan)
4 lbr daun salam kering
5 lbr daun jeruk limau
2 btg serai geprek
2 cm lengkuas geprek
2 sdm air asam kandis

Bumbu halus:
8 siung bamer
4 bh baput
4 bh kemiri
2 bh cabe besar
2 bh cabe keriting
3 bh cabe kecil
2 cm kunyit
1 cm jahe
2 cm lengkuas
garam
merica
gulpas
1 sdt biji ketumbar
1/4 sdt jinten
2 btg serai iris tipis2

Langkah-langkah



Haluskan bumbu, setelah halus siapkan penggorengan, beri 4 sdm minyak untuk menumis. setelah minyak panas masukkan bumbu halus + daun slam+ daun jeruk + serai + lengkuas. Tumis hingga harum dan matang.
Masukkan bumbu yang telah matang ke dalam kaldu daging. Lalu tambahkan nangka rebus. Tambahkan air asam kandis dan aduk. Masukkan santan Tunggu hingga mendidih dan permukaan tampak berminyak (saat santan masuk gunakan api kecil, dan aduk agar santan tidak pecah)
Note:
Daging jangan dicuci, kenapa? karena daging yang dicuci akan mengandung lebih banyak air yang nantinya akan mempengaruhi tekstur yaitu teksturnya akan berubah menjadi alot dan keras dan tentunya akan mengurangi kelezatan masakan (copas http://lifestyle.okezone.com/read/2015/04/30/298/1142685/simpan-di-kulkas-daging-sapi-pantang-dicuci)
Gulai akan lebih enak dimakan jika diinepkan semalam, Agar bumbu lebih meresap
Selalu ingat untuk memanaskan setelah dikonsumsi, karena gulai menggunakan banyak santan jadi mudah basi.
Enaknya itu dimakan pakai lontong/ketupat/sambel ati/masakan padang lainnya (rendang, sambel ijo, telor dadar padang)

Dewi Wanda

No comments:

Post a Comment